Makna Budaya Buaghak / Buhaghak di Masyarakat Lampung Pesisir

wLampung - Budaya Buaghak biasa disebut Buharak / Baharak pada masyarakat lampung pesisir (saibatin) merupakan prosesi pada acara pernikahan atau acara kerajaan yang mana Buaghak sendiri berarti diarak (Iring -Iringan) dari suatu tempat (jalan/rumah). Biasanya Buaghak kerap dilakukan pada saat acara pernikahan dimana pengantin wanita dan pria di Arak dari rumah menuju tarub / gedung / rumah tempat dilangsungkan nya acara.

Pengertian Makna Buhakhak / Buaghak / Baharak

Buhakhak merupakan acara iring-iringan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengiringi raja, biasanya iringan ini dilakukan ketika raja akan menuju rumah adat untuk melakukan pertemuan atau musyawarah.

Selain itu iring-iringan (buaghak) tersebut dilakukan ketika acara pernikahan, ini dilakukan ketika akan menuju rumah resepsi, misalnya resepsi diadakan di rumah pengantin perempuan, maka yang akan di iring-iringi adalah pengantin laki-laki ketika akan menuju rumah resepsi.

Awal dilakukan iring-iringan atau buhakhak adalah ketika rombongan pengantin laki-laki menuju rumah resepsi yang berjarak sekitar 100-200 m, jarak ini sudah ditentukan sejak awal jadi rombongan pengantin laki-laki berhenti di suatu rumah untuk melakukan persiapan sebelum menuju rumah resepsi. Saat prosesi buaghak biasanya dihidangkan sejumlah tarian adat lampung sebagai bentuk penghormatan.

Setelah semuanya siap, maka rombongan tersebut menuju rumah resepsi. Ketika sudah mendekati rumah resepsi maka rombongan pengantin laki-laki akan disambut oleh keluarga dari pihak pengantin perempuan begitu juga sebaliknya.

Penyambutan dalam buaghak tersebut juga diselingi dengan pencak silat atau dalam bahasa lampung silek (Silat). Silat tersebut dilakukan oleh kedua belah pihak hingga akhirnya bertemu di satu titik. Setelah selesai melakukan silat maka akan ada penyambutan berupa saling melempar pantun. Setelah itu barulah rombongan pengantin laki-laki / perempuan dapat masuk ke rumah resepsi. (foto hasbundoya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel