Perbedaan Siger Lampung Pesisir vs Pepadun

wLampung - Siger lampung pepadun dengan Siger lampung pesisir (Saibatin) sebenarnya sama saja hanya yang membedakan nya pada lekukan dan bentuk nya. Kita mengetahui bahwa Siger merupakan mahkota penting yang menjadi ciri khas kedua Suku Lampung ini.

Siger merupakan mahkota bagi masyarakat lampung yang letaknya di atas kepala dan sangat diagungkan. Siger dikenakan oleh pengantin perempuan ketika acara pernikahan, identitas dan sekarang dijadikan sebagai ikon masyarakat Lampung seperti yang terlihat di Pelabuhan Bakauheni (Menara Siger) kemudian seluruh ruko di kota bandar lampung di labeli Siger.

Lampung memiliki dua suku yakni Pepadun dan Saibatin (Pesisir) pun mahkota nya juga ada jenis yang iita kenal siger Pepadun dan Saibatin. Siger Pepadun disebut dengan siger sedangkan pada masyarakat pesisir Saibatin disebut sigokh. Cakupan daerah antara pepadun dengan saibatin juga berbeda, dimana daerah Pepadun meliputi daerah Lampung Utara dan sekitarnya, sedangkan Saibatin meliputi daerah pesisir seperti Kabupaten Pesisir Barat, Tanggamus, dll.

Perbedaan Siger Lampung Pepadun Dengan Siger Saibatin

Sebenarnya antara siger Pepadun dengan siger Saibatin terlihat serupa, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan lho, berikut perbedaannya

Siger Saibatin (Sigokh)
(foto lampungzone)
Sigokh merupakan siger kepunyaan Lampung Saibatin, dimana Sigokh ini memiliki tujuh lekukan dan perhiasan batang seperti pohon yang ada di masing-masing lekukan. Tujuh lekukan tersebut melambangkan tujuh adok atau gelar yang ada pada masyarakat Saibatin dimana ketujuh adok tersebut adalah Suttan/Dalom, Raja Jukuan/Dipati, Batin, Radin, Minak, Kimas dan Mas/Inton dan ketujuh gelar tersebut digunakan satu keturunan tertentu seperti keluarga keturunan raja.

Sigokh sangat mirip dengan bentuk rumah gadang Sumatera Barat yaitu kerajaan Pagaruyung, kemiripan tersebut menandakan bahwa Kerajaan Pagaruyung memiliki pengaruh yang cukup besar dalam adat budaya Lampung Saibatin.

Siger (Pepadun)
Jika Sigokh memiliki tujuh lekukan, maka Siger pepadun memiliki sembilan lekukan yang bermakna bahwasanya siger memiliki sembilan marga yang bersatu membentung Abung Siwo Mergou antara lain Buai Unyi, Buai Nuban, Buai Nunyai, Buai Beliuk, Buai Subing, Buai Selagai, Buai Anak Tuha, Buai Nyerupa dan Buai Kunang. Bentuk dari siger ini mirip degan buah sekala, dikarenakan kerajaan Sekala Bekhak merupakancikal bakal Ulun Lampung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel