Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Berwisata ke Danau Ranau Oku Selatan Palembang

Jika kamu ke berwisata ke Kota Palembang atau Weekend di Palembang, main saja ke Danau Ranau di Kabupaten Oku Selatan. Danau kedua terbesar di Sumatra ini punya pemandangan yang menakjubkan!

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatra setelah Danau Toba, dengan luas sekitar 125,9 km. Berlokasi di perbatasan kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, ternyata danau ini juga dikelilingi perbukitan dan lembah yang indah.

Untuk sampai ke lokasi, traveler harus menempuh jarak sekitar 330 KM atau 7 jam perjalanan darat dari kota Palembang. Selama perjalanan, kita akan melintasi perkebunan dan menikmati suasana pedesaan yang asri.

Perairan sungai Musi yang membentang luas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri selama perjalanan. Setelah lama menempuh perjalanan, kita akan tiba di Kota Baturaja, pusat pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku).

Untuk sampai ke lokasi, bisa melalui kota ini atau mutar dari Oku Timur melintasi Kota Martapura dan menuju pusat Kota Oku Selatan, Muaradua.

Jika telah sampai di Muaradua, itu artinya perjalanan kita sudah tidak jauh lagi dan bisa langsung menuju ke wisma Pusri yang ada di sekitar Danau Ranau untuk sekedar istirahat dan meletakan barang-barang bawaan.

Wisma Pusri merupakan salah satu spot foto yang instagramable dan menjadi tempat penginapan favorit traveler yang berkunjung. Cukup berjalan sedikit ke arah danau, kita dapat menikmati berbagai keindahan alam dan wisata air, serta anak-anak yang sedang bermain di sekitar tepi danau.

Lelah selama perjalanan akan hilang seketika melihat indahnya pesona alam yang menjadi pusat tujuan wisatawan asal Sumsel dan Lampung ini. Suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan di kota, menambah kenyamanan saat berlibur dengan meninggalkan sedikit pekerjaan yang telah menumpuk di kantor.

Air yang tenang dan berlatar Gunung Seminung, menjadikan danau ini destinasi wisata yang sangat indah dan tidak kalah cantik dengan Danau Toba di Sumatra Utara.

Traveler dapat mengelilingi danau menuju pemandian air panas alami di bawah kaki gunung, atau bermain ke Pulau Marisa di tengah danau menggunakan kapal sewaan. Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 300 ribuan saja dan dapat membawa beberapa sahabat dan keluarga.

Aktifitas yang dapat dinikmati:

Memancing dan Berperahu
Kegiatan yang satu ini bolehlah kalian coba untuk merasakan sensasi berperahu dan straik di Danau Ranau dengan ikan tawes dan ikan mujair nya.

Pemandian Air Panas
Sensasi yang luar biasa ini dapat kalian jumpai dengan mengarungi danau kurang lebih perjalanan setengah jam. Sumber air panas ini berada di kaki Gunung Seminung yang merupakan tempat spesial untuk berendam yang konon dipercaya dapat menghilangkan kepenatan sehingga tubuh menjadi rileks.

Panorama Danau Kala Senja

Panorama indah Danau Ranau tidak terlepas dari keelokan birunya air dengan baground Gunung Seminung yang gagah menjulang. Dikelilingi perbukitan yang berlekuk-lekuk bagaikan ombak di lautan. Lebih indah lagi jika kalian dapat menikmati panoramanya dikala senja di tepian danau.

Olahraga Paralayang
Salah satu olahraga yang menguji nyali kalian ada disini yaitu Paralayang. Meluncur dari Puncak Bukit Angin, dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, kalian disuguhkan pemandangan Danau Ranau dan sekitarnya yang berupa landscape secara utuh.