Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sutus Purbakala Pugung Raharjo Timur Ada Peninggalan Dinasti Ming?

Bermula dari temuan benda-benda purbakala pada tahun 1954, yakni ketika 78 KK mengikuti program transmigrasi lokal yang diadakan oleh Biro Rekonstruksi Nasional (BRN). Warga transmigrasi lokal dari desa Batanghari, Sekampung itu kemudian membuka hutan Pugung untuk tempat tinggal, pertanian, ladang dan sawah.

Penelitian awal dimulai tahun 1968 oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori. Pada tahun 1973 Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University melakukan pencatatan dan pendokumentasian kepurbakalaan Pugung Raharjo yang hasilnya dituangkan dalam Laporan Penelitian Sumatra.

Penelitian dan penggalian berlangsung hingga tahun 1980, menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25 ha.

Di dalam situs arkeologi Taman Purbakala Pugung Raharjo ini terdapat komplek peninggalan dari masa megalitik seperti arca, pundan berundak, batu mayat, altar batu, menhir, batu berlubang, serta dolmen peninggalan periode klasik berupa prasasti, dan keramik dari Dinasti Han, Dinasti Sun, dan Dinasti Ming. (sumber: https://eloratour.wordpress.com/tag/sejarah-taman-purbakala-pugung-raharjo/).

Rumah Informasi

Dari namanya saja rumah informasi, jadi di dalam rumah ini kamu bisa melihat berbagai informasi mengenai peninggalan purbakala.

Situs Batu Mayat

Namanya aja udah serem ya..tapi jangan takut karen situs batu mayat ini gak bakal nakut-nakutin kamu kok. Situs batu mayat ini disebut juga dengan Batu Kandang.

Punden Berundak
Punden berundak atau teras berundak adalah struktur tata ruang bangunan yang berupa teras atau trap berganda yang mengarah pada satu titik dengan tiap teras semakin tinggi posisinya.

Istilah punden berundak menegaskan fungsi pemujaan/penghormatan atas leluhur, tidak semata struktur dasar tata ruangnya.(sumber: wikipedia)

Kolam Awet Muda

Jika kamu tertarik ke tempat wisata ini kamu tidak perlu menyiapkan uang untuk membeli tiket karena wisata ini gratis atau bayar seikhlasnya..
Selamat berwisata 😊😊