Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Daya Tarik Kebun Raya Liwa yang Bikin Terpesona

Secara geografis Kebun Raya Liwa berlokasi di Desa Kubu Perahu,Kecamatan Balik Bukit, Liwa Kabupaten Lampung Barat di jalur timur Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Di kebun raya ini banyak dijumpai tanaman hias, buah-buahan dan tanaman lainnya. Lokasi wisata ini mudah untuk di jangkau oleh wisatawan dengan mengikuti navigasi google map jika mengalami kesulitan.

Secara tepatnya jika ditempuh dari arah Kota Bumi/Sumberjaya pilih saja rute ke arah kota Liwa, setelah sampai tugu kota arahkan belok ke kanan, melewati lapangan merdeka kemudian belok kea arah kiri sebelum Taman Hamtebiu jalan lurus sekitar 1.1 km.

Lalu apa saja yang dapat dijumpai oleh wisatawan jika berkunjung ke Kebun Raya liwa, berikut destinasinya:

1. Udara Sejuk
Karena Liwa berada di dataran tinggi, tentu suhu di sini lebih dingin dari pada di tempat sekitarnya. Salah satu daerah yang memiliki udara sejuk selain di taman ini yakni Sumber Jaya dan Sekincau, terkadang lokasi ini juga diselimuti dengan kabut.

2. Pemandangan Indah

Di lokasi wisata Kebun Raya Liwa ini wisatawan disuguhi pemandangan yang sangat indah seperti perbukitan, warna warni bunga dan lainnya.

3. Dekat Dengan Monumen Gempa Liwa

Mengulas kejadian yang sudah lalu bisa dijadikan sebagai edukasi bagi anak-anak. Kejadian alam yang telah terjadi pun baik untuk mereka ketahui. Gempa yang terjadi di Liwa pada 15 Februari 1994 yang mengakibatkan 75 ribu kehilangan tempat tinggal dan 196 orang meninggal dunia serta lebih dari 2.000 jiwa terluka parah. Adanya monument ini tujuan nya adalah untuk mengenang kejadian tersebut.

4. Adanya Tanaman Langka

Tak hanya tumbuhan langka, tumbuhan yang familiar dimana-mana pun kadang jarang diketahui banyak orang. Nah, di sana wisata Kebun Raya Liwa ini wisatawan dapat melihat tumbuhan langka yakni anggrek langka yang hanya tumbuh di Kebun Raya Liwa ini, dan bunga bangkai raksasa (Amorpophalus titanum Becc) atau suweg raksasa.

Harga Tiket Murah

Untuk harga tiket masuk Kebun Raya Liwa ini gratis hanya saja biaya parkir di bandrol 5000 rupiah untuk kendaraan roda 2, 10.000 rupiah untuk kendaraan roda 4.

Jam Buka setiap Hari kecuali Senin

Hari Buka: Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu dan tutup hari Senin dan Jumat

Buka dari pagi sampai sore . tutup Pukul: 09:00 – 16:00 WIB

Itulah tadi ulasan yang dapat mimin jelaskan, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mengunjungi Kebun Raya Liwa.