Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Wisata Religi Paling Terkenal di Jawa Barat

Wisata religi di Jawa Barat terbilang banyak hanya saja yang paling terkenal itu sedikit. Jika kamu hobi wisata religi boleh mencoba mengunjungi spot paling terkenal berikut ini. 

Siapa sih yang gak kenal sama ziarah? Ziarah merupakan aktivitas religi dimana mengunjungi suatu tempat religi di daerah tertentu.

Nah setiap daerah pasti memiliki wisata religi. Kali ini saya akan membagikan beberapa wisata-wisata religi terkenal yang ada di Jawa Barat.

1. Wisata Religi Pamijahan
Wisata religi Pamijahan (foto terbangpatriot.com)
Wisata religi ini sudah terkenal hampir ke seluruh Indonesia. Spot wisata Pamijahan ini sendiri terletak di Kecamatan Bantar kalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Terletak 136 kilo meter dari kota Bandung dan sekitar 281 kilo meter dari Jakarta. Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi oleh para peziarah. 

Mereka biasanya datang secara rombongan. Di Pamijahan ini terdapat Makam Syeh Abdul Muhyi seorang penyiar agama Islam di Tasikmalaya.

Para peziarah biasanya berdoa untuk di tempat tersebut. Selain itu, ada satu goa yaitu goa Sapa wardi. Di tempat ini juga banyak ditemui para pedagang yang menjual aneka kerajinan untuk oleh-oleh.

2. Makam Sunan Gunung Jati
Wisata religi Makam Sunan Gunung jati (foto republika)
Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatulloh merupakan salah satu Wali yang ada di Jawa Barat. Wisata religi ini terdapat di Cirebon.

Banyak peziarah dari pulau Jawa maupun luar pulau Jawa yang mengunjungi tempat ini. Terutama pada Hari Besar Islam. Mereka datang untuk berdoa dan mengenang jasa beliau dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa bersama para wali lainnya.

Untuk masuk ke wisata ini tidak dikenakan harga patokan, tetapi seikhlasnya dan akan diberikan kepada juru kunci di makam Sunan Gunung Jati.

Untuk mencapai makam tersebut, para pengunjung atau peziarah harus menaiki banyak tangga. Dan untuk para pengunjung umum, tidak bisa berziarah secara langsung dalam artian hanya boleh berdoa di bagian teras.

Para pengunjung dapat berfoto di wisata tersebut karena bangunan tergolong unik yaitu dengan aksen tionghoa.

3. Mesjid Raya Bandung 
Wisata masjid raya Bandung (foto qoobah.coid)
Mesjid ini merupakan salah satu wisata yang terkenal di Bandung bahkan di luar Kota Bandung. Desain bangunan mesjid yang indah dan megah menjadi daya tarik wisatawan.

Selain itu, halaman masjid yang luas menjadi tempat yang biasa digunakan pengunjung untuk berfoto.

Karena halaman nya yang hijau dan disertai rumput estetis yang dapat dijadikan tempat berkumpul ketika berkunjung ke mesjid ini.

4. Wisata Religi Situ Panjalu 
Wisata religi situ Panjalu (foto wisatajabar.com)
Tempat ini juga sering dikunjungi oleh para peziarah. Konon, situ ini terbentuk dari air Zam-Zam yang ditumpahkan oleh Prabu Sanghyang Borosngora ketika ia mencari ilmu ke Mekkah.

Di situ atau danau ini, para pengunjung dan peziarah dapat menaiki perahu agar bisa ke tengah danau.

Ada daratan kecil seperti pulau di tengah danau dan merupakan tempat kelelawar tinggal. Situ ini terletak di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Nah itu dia beberapa tempat wisata religi yang ada di Jawa Barat. Jangan lupa pastikan untuk masuk ke dalam daftar tujuan wisata ziarah mu ya.