5 Rekomendasi Wisata Religi di Kota Palembang

Palembang adalah ibu kota Sumatera Selatan dengan luas daratan 400,61 km², menjadikannya sebagai kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

Palembang terkenal dengan berbagai macam hal yang menarik. Seperti, Jembatan Ampera yang berwarna merah, Sungai Musi yang luasnya seluas samudra, juga oleh-oleh khasnya yang membuat kita selalu ingin kembali ke sana.

Kota Palembang juga terkenal dengan destinasi wisata religinya, dari mulai Masjid Agung Palembang sampai dengan Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah sungai Musi.

Wisata religi sendiri berarti mengunjungi tempat-tempat yang dianggap penting dalam penyebaran agama dan juga untuk memperdalam wawasan para wisatawan.

Kali ini, kami akan merekomendasikan 5 tempat wisata religi di kota Palembang yang harus kalian kunjungi saat berada di sana.



Masjid Muhammad Cheng Ho
Wisata religi Masjid Muhammad Cheng Ho Palembang
Masjid Muhammad Cheng Ho adalah salah satu masjid dengan design Tiongkok yang sangat kental. Masjid ini dilengkapi dengan dua menara menyerupai pagoda dengan arstektur khas Tiongkok.

Kedua menara tersebut diberi nama Habluminallah (hubungan dengan Allah) dan Habluminannas (hubungan dengan Manusia). Kedua menara tersebut memiliki lima tingkat yang melambangkan jumlah lima waktu shalat yang dilakukan dalam sehari. Tinggi menara mencapai 17 meter, angka tersebut merupakan simbol dari jumlah rakaat shalat yang dikerjakan oleh setiap muslim dalam sehari.

Alamat : 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30267
Buka : 24 Jam.

Masjid Agung Palembang
Wisata Religi Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang dikenal juga dengan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II. Masjid ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya tiga buah kerucut di bagian atasnya. Masjid Agung Palembang ini menggabungkan tiga kebudayaan menjadi satu, yaitu Indonesia, Eropa, dan Tiongkok.

Masjid Agung Palembang merupakan salah satu peninggalan sultan, maka berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia MA/233/2003 tertanggal 23 Juli 2003, masjid ini ditetapkan sebagai salah satu masjid nasional.

Kemudian pada 2009, berdasarkan UU No 5 tahun 1992 tentang bangunan cagar budaya, serta Surat Peraturan Menteri No PM19/UM.101/MKP/2009, Masjid Agung Palembang ini juga menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi pemerintah.

Dan kini, Masjid Agung Palembang ini pun ditetapkan sebagai objek vital nasional bidang kebudayaan dan pariwisata.

Alamat : Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil,Palembang Sumatera Selatan
Jam Buka : 24 jam

Pulau Kemaro
Wisata religi Pulau Kemaro Palembang
Dengan luas ±79 Ha dengan ketinggian 5 m dpl, pulau ini merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di bagian timur dari pusat Kota Palembang.

Pulau Kemaro terkenal dengan wisata religinya dengan sebuag kelentengnya yang unik. Pulau Kemaro sendiri merupakan tempat rekreasi yang terkenal di Palembang dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Meskipun, keberadaan Pulau Kemaro berada di tengah-tengah Sungai Musi, namun konon katanya Pulau Kemaro ini tidak pernah tenggelam meski air sungai mengalami pasang yang tinggi.

Akses menuju Pulau Kemaro sangatlah mudah. Wisatawan dapat menempuh perjalanan ke Pulau Kemaro dari Dermaga Benteng Kuto Besak atau lewat Dermaga Pabrik Udang PT Lestari Magris dengan menyewa perahu dengan berbagai ukuran sesuai kapasitas dengan ongkos pulang pergi 50k-100k per orang.

Perjalanan ke Pulau Kemaro ditempuh dalam waktu sekitar 25 - 35 menit. Kapal yang disewa akan menunggu wisatawan selama kunjungan ke Pulau Kemaro dan akan mengantar kembali ke Dermaga.

Alamat : 1 ilir, Kec Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Jam Buka : 09.00-17.00 WIB (Tentatif)

Al Quran Al Akbar (Al-quran Raksasa)
Wisata religi Al-Quran raksasa Palembang

Al Quran Al Akbar merupakan ikon religi kota Palembang dan yang terbesar serta pertama di dunia dalam bentuk Al Quran 30 juz yang di buat pada media dari kayu jenis tembesu. Proses pembuatannya membutuhkan tim sebanyak 35 orang, dan memakan waktu sekitar tujuh tahun.

Lokasi Al Quran Al Akbar berjarak sekitar 9 km dari pusat kota Palembang, yaitu berada di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang, tepatnya di Pondok Pesantren IGM Al Ihsaniyah, Sumatera Selatan.

Setiap halaman Al-Quran Raksasa ini diukir di setiap sisinya dengan ciri khas Palembang dalam lembar kayu, serta menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu trembesi dengan total biaya kurang lebih sekitar dua miliar rupiah.

Karena keunikannya tersebut, tidak heran jika setiap hari tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Alamat : Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30149
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB

Kawah Tekurep
Wisata religi Kawah Tekurep Palembang
Berlokasi di Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Kawah Tekurep ini merupakan sebuah kompleks pemakaman Sultan Mahmud Badaruddin I. Kawah Tengkurep menjadi salah satu tempat objek wisata yang bertujuan untuk menambah ilmu tentang sejarah yang bisa didapatkan oleh para wisatawan.

Wisatawan datang dari berbagai usia, mulai dari orang dewasa sampai anak–anak sekolah dan para mahasiswa. Tujuan kunjungan mereka adalah untuk mencari tahu tentang sejarah kesultanan kota Palembang, dan juga sejarah mengenai kisah hidup sang sultan dari kuncen-kuncen yang menjaga makam sultan dan keluarganya tersebut.

Tidak banyak informasi tentang berapa tiket masuk bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini.

Alamat : 3 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111
Jam Buka : 24 JAM

Bagaimana? Anda tertarik ingin mengunjungi Kota Palembang? Yuk, tunggu apalagi?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel