6 Wisata Alam Bandung yang Paling Hits

Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat yang terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara kota Jakarta. 

Kota ini memiliki beberapa julukan, diantaranya adalah Paris van Java karena keindahannya, Kota kembang karena kota ini sangat cantik dengan banyaknya pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana, dan Kota Hujan karena curah hujan yang tinggi di daerah ini.

Dengan bentang alam yang indah dan cuaca yang sejuk membuat kota ini menjadi idaman bagi para wisatawan untuk berlibur. Berikut ini daftar tempat wisata alam di Bandung yang patut Anda kunjungi.

Sanghyang Heuleut


Keindahan alam tanah Parahiyangan satu ini memang tidak ada habisnya untuk dikupas. Salah satu keindahan alam yang tidak bisa disangkal lagi keindahannya adalah Sanghyang Heuleut.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih berwarna kehijauan yang selaras dengan tebing batu berukuran besar di sekelilingnya.

Sanghyang Heuleut merupakan danau purba yang terbentuk akibat letusan gunung api purba, yaitu Gunung Api Sunda.

Danau ini terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya tak begitu jauh dari PLTA Saguling. 

Namun, untuk bisa sampai di danau ini, Anda membutuhkan kondisi tubuh yang prima.
Sebab, medannya cukup curam dan didominasi oleh bebatuan. Apabila hujan turun, bebatuan ini akan sangat licin.

Tiket masuk : Rp10.000
Jam buka : Weekday 07.00-17.00 WIB dan Weekend 07.00-17.00 WIB
Alamat : Kp. Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Jawa Barat. Gunung ini dikelilingi oleh pohon pinus juga dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Ketinggian Gunung Tangkuban Perahu ini sekitar 2.084 meter. Gunung Tangkuban Perahu terletak di daerah Lembang, sekitar 20 kilometer ke arah utara Kota Bandung.

Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah kawah. Gunung Tangkuban Perahu memiliki total 9 kawah. Kawah Ratu merupakan kawah terluas diantara 8 kawah lainnya dengan luas sekitar 8.000 hektare.

Terdapat kawah lain yaitu Kawah Domas yang hanya berjarak 1.2 kilometer dari Kawah Ratu. Kawah ini memiliki sumber mata air panas yang berbentuk kolam kecil. Wisatawan bisa merendam kaki sambil bersantai menikmati hangatnya air belerang.

Terdapat pula Kawah Upas yang terletak sekitar 1 km di sebelah utara dari Kawah Ratu. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ini yaitu ketika matahari mulai terbit, cahayanya akan mulai muncul dari balik gunung dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Bagi Anda penyuka senja, ini adalah tempat yang harus dikunjungi.

Masih banyak daya tarik dari tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu ini, jika Anda penasaran, silakan kunjungi secara langsung, ya!

Harga tiket masuk : Rp. 22.000,00 (untuk wisatawan lokal) dan Rp. 301.000,- (untuk wisatawan mancanegara)
Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Bahkan ia merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Jawa Barat.

Kawah Putih Ciwidey terkenal dengan warna airnya yang putih. Nama Kawah Putih sendiri berasal dari tanah yang kebanyakkan berwarna putih. Warna putih tanah ini disebabkan oleh unsur zat yang bercampur dengan belerang.

Uniknya, warna air di kawah ini dapat berubah warna menjadi kehijau-hijauan atau kecoklatan tergantung dengan cahaya matahari, cuaca, kadar belerang, dan suhu yang terjadi pada saat itu. Berikut daftar harga tiket Kawasan Kawah Putih Ciwidey.

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan
HTM Domestik Rp 25.000,-
WNA Rp 75.000,- ( Weekday / Weekend & Hari Libur )
Wahana Skywalk Rp 5.000,-
Dermaga Ponton Rp 10.000,-
Prewedding Rp 500.000,-
Ontang Anting Rp 20.000,-
Parkir Mobil Atas Rp 150.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana merupakan kawasan perkebunan yang dikelola oleh PTPN VIII. Kawasan kebun teh ini juga masuk kedalam Bukit Unggul Sukawana.

Pada awalnya, nama perkebunan ini yaitu Pangheotan yang diambil dari seorang pria berkebangsaan Belanda bernama Van Houten. Namun kemudian, PTPN menggantinya dengan Sukawana untuk menyebut daerah tersebut.

Suasana sejuk di daerah ini membuat tempat ini sangat nyaman untuk di gunakan sebagai tempat berlibur sambil menikmati pemandangan alam. Ketika mengunjungi tempat ini, Anda bisa melakukan “Tea Walk”.

Anda bisa menikmati seluruh bagian dari Kebun Teh Sukawana melalui jalur yang telah dibuat oleh pengelola.

Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan beberapa spot dengan melihat langsung metode pemetikan teh secara tradisional oleh para pekerja.

Alamat : Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, West Bandung Regency, West Java 40551
Harga tiket masuk : Rp. 5000,-
Jam buka : Setiap hari

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Ciwidey, Jawa Barat, Indonesia.

Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh yang luas. Luas tempat ini sekitar 45.000 hektare.

Danau Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan, terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Perpaduan warna hijau dedaunan teh juga warna hijau Danau Situ Patenggang terlihat juga jajaran pegunungan yang menjulang cukup tinggi. Wisatawan dapat melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian tempat ini. disarankan untuk mengenakan pakaian hangat, karena saat siang kabut sering terlihat juga dengan hujan intensitas sedang sampai tinggi.

Harga Tiket: Rp. 25.000,- (Domestik ) - Rp 135.000,- (WNA)
Jam Buka: 09.00 - 17.00
Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973.

Curug Cimahi

Curug Cimahi disebut juga dengan Curug Pelangi. Pasalnya, pada saat siang hari pembiasan cahaya matahari yang mengenai air terjun menciptakan bias pelangi yang sangat jelas terlihat.

Dikutip dari Wikipedia, Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 meter.

Lokasinya pun relatif mudah dijangkau dan dekat jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Curug ini dikelola dengan sangat baik. Untuk mencapai air terjunnya, kita hanya perlu menuruni anak tangga yang tidak terlalu jauh.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke bawah, di bagian atas terdapat tempat terbuka dengan tempat duduk juga meja untuk santai sejenak sambil menikmati jatuhnya air.

Curug Cimahi Harga Tiket: Rp20.000
Jam Buka: 07.00 - 18.00
Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40551.

Puncak Bintang Bandung

Bandung memiliki salah satu puncak dengan pemandangan city light terbaik di malam hari. Puncak Bintang memiliki keindahan yang tak dapat disangkal lagi ke-aestetikannya.

Dengan ketinggian 1442 mdpl Anda bisa melihat keindahan kota Bandung dengan gemerlap lampu-lampunya lengkap dengan udara khas Bandung yang mampu membuat menggigil.

Untuk mencapai puncak bukit ini, Anda harus melewati hamparan hutan pinus. Cahaya matahari yang masuk di sela sela pepohonan, membuat pemandangannya jauh lebih cantik dan menarik. Cocok untuk ber-swa foto, terutama saat pagi dan sore hari.

Fasilitas di tempat ini juga sangat baik. Jangan khawatir apabila tiba-tiba Anda ingin buang air kecil, karena toilet sudah tersedia di kawasan wisata ini. juga terdapat mushola kecil untukmu yang ingin melaksanakan sholat.

Harga tiket masuk : Rp15.000,-
Tiket masuk camping : Rp25.000
Alamat : Cimenyan, Cimenyan,, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40197.
Jam buka : 08.00 pagi setiap hari.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang paling tua di Indonesia. Bagi Anda yang menyukai dunia perbintangan, mengunjungi observatorium Bosscha ini menjadi salah satu tujuan wisatamu.

Observatorium Bosscha, yang usianya mencapai 90 tahun, memiliki 12 teleskop dengan fungsi berbeda selain teropong besar di dalam kubah raksasanya yang sering dilihat pengunjung.

Untuk masuk ke dalam Observatorium Bosscha, Anda perlu izin terlebih dahulu. Jika Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha secara perseorangan tanpa kelompok, hari Sabtu adalah waktu yang diperbolehkan, karena hari-hari selain Sabtu diperuntukkan bagi kunjungan berkelompok besar dan kegiatan-kegiatan pengamatan benda langit.

Harga Tiket: Rp15.000 - Rp20.000
Jam Buka: PAGI: 09.00 - 14.30 | MALAM : 17.00 - 20.00
No. Telepon: 022-2786027
Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

TEBING KERATON

Tebing Keraton Bandung adalah salah satu tempat wisata alam yang saat ini sedang naik daun. Bahkan digadang-gadang, kepopulerannya melebihi tempat-tempat wisata yang lain seperti, Bukit Bintang, Situ Patenggang, Gunung Tangkuban Perahu bahkan sampai Kawah Putih Ciwidey.

Tebing Keraton ini terletak di area Taman Hutan Raya Juanda. Dengan pemandangan hijau hutan nan luas dan sejuk berselimut kabut, tidak salah jika tempat ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan.

Harga Tiket: Rp15.000
Jam Buka: 08.00-16.00 WIB
Alamat: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40198.

Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Cikole Lembang ini merupakan wisata alam hutan pinus yang disulap menjadi tempat wisata dengan lampu-lampu berwarna kuning, menjadikan tempat ini terlihat lebih romantis dan hangat.

Di Orchid Forest Cikole ini Anda bisa menikmati sejuknya suasana hutan pinus yang asri serta indahnya taman bunga Anggrek.

Terdapat sekitar 157 jenis bunga anggrek dari seluruh penjuru dunia yang ditanam di tempat wisata ini. Terdapat banyak spot-spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Rp. 25.000,- – Rp. 35.000,-
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB
Alamat: Jalan Tangkuban Perahu KM. 8, Desa Cikole, Kecamatan Bandung


Bagaimana? Anda sudah menentukan tujuan liburan Anda? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel