Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Riau

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatra. Riau memiliki terdapat beberapa tempat wisata yang layak dikunjungi bagi para wisatawan. 

Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata religi. Bagi para pecinta Wisata religi bisa berkunjung ke beberapa lokasi di daerah ini. 
Wisata religi bagi para wisatawan dilakukan untuk memperoleh pengalaman dan pelajaran dalam agama. Setiap tradisi keagamaan memuat simbol-simbol suci atau kegiatan ritual yang dijadikan sebagai keyakinan.
 
Dalam setiap kegiatan wisata tentunya terdapat hal-hal menarik yang layak diabadikan dan dapat dikenang. Untuk itu dalam memilih tempat wisata religi juga sama pentingnya bagi para wisatawan. Untuk itu terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata yang layak dikunjungi di Riau. Tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut.

Masjid Agung An-Nur

Masjid agung yang berada di ibukota Riau ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968. Namun faktanya, masjid megah yang kita nikmati saat ini bukanlah bangunan asli hasil pembangunan tahun 1963 tetapi merupakan bangunan hasil renovasi dan pembangunan kembali dari tahun 2000 lalu.

Dari pembangunan hasil renovasi inilah masjid An-Nur memiliki luas tiga kali lipat dari lahan masjid sebelumnya sehingga terkenal sebagai Taj Mahalnya provinsi Riau dan menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia.

Masjid Jami Air Tiris

Masjid Jaami ini merupakan salah satu masjid tertua di kabupaten Kampar, provinsi Riau. Masjid ini dibangun pada tahun 1901 M atas prakarsa Engku Mudo Songkal dan di diresmikan oleh masyarakat Air Titis pada tahun 1940.

Menurut legenda, di luar masjid terdapat bak air yang di dalamnya terendam batu besar mirip kepala kerbau. Masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan nusantara maupun mancanegara, terutama wisatawan dari Singapura dan Malaysia.

Kelenteng Hoo Ann Kiong

Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di kota selatpanjang dan menjadi kelenteng tertua di provinsi Riau. Kelenteng ini biasa lebih dikenal luas sebagai Vihara Sejahtera Sakti atau Tua Pek Kong Bio dan merupakan salah satu asset cagar budaya di kabupaten kepulauan Meranti.

Bentuk bangunan kelenteng ini merupakan bangunan tunggal beratap susun dan berbentuk pavilion, terdiri dari sebuah anjungan yaitu kelenteng besar dan gerbang kelenteng.

Selain terkenal di kalangan masyarakat Riau, kelenteng ini juga terkenal luas dikalangan wisatawan luar negeri sebagi tempat ibadah utama bagi umat konghucu maupun umat Buddha. Selain merupakan tempat ibadah dan ziarah, tempat ini juha merupakan tempat wisata religi yang layak dikunjungi.